Sharing Pengalaman Operasi Mata Katarak Orang Bau Tanah Di Padang Eye Center Sumatera Barat

Semakin bertambahnya umur orang renta tentu penglihatan semakin berkurang terang baik untuk membaca, melihat objek jauh, sampai terlihat kabur untuk pemandangan tertentu, ini lah yang terjadi pada orang renta aku. melalui atau bersama ini berjalannya waktu tentu harus memperhatikan beberapa alasan kenapa ia tidak dapat melihat terang dan tentunya ada hal yang masih perlu diperiksa ke Dokter Spesialis Mata untuk memastikan apa yang terjadi dengan kedua organ mata orang tua. Awalnya memang menuruh Dokter Spesial Mata sebut adanya katarak gres 40% kalau sudah melebihi 50% sebaiknya eksklusif operasi untuk memulihkan penglihatan lebih jernih dan lebih baik.

Poto oleh: martinrecords.com

Sesudah berjalan waktu +/- 2 tahun dan ketika waktu itu saya membawa orang renta untuk memeriksakan kembali ke dokter lain di Padang Eye Center untuk memastikan penglihatan orang renta yang sudah tidak terlalu terang lagi melihat objek terutama untuk posisi benda jauh. Pemeriksaan dilakukan dan memang ia harus melaksanakan operasi katarak untuk kedua organ mata dan orang renta saya menyetujuinya ingin sembuh dan ingin melihat lebih terang lagi.

SEKILAS PENYAKIT KATARAK.
Di beberapa literatur yang saya baca terkena penyakit katarak ini memang terjadi pada orang renta diatas umur 70 tahun. Proses umur yang sudah memakai mata untuk banyak sekali acara tentu bertambah berkurang kualitasnya sehingga ada faktor lain yang menghambatnya. Dan ada beberapa tanda-tanda atau keluhan penyakit katarak ini yang saya kutip dari alodokter.com



1. Pada ketika melihat agak terlihat samar dan adanya berkabut.
2. Pada ketika melihat cahaya yang menyilaukan mata semakin sensitif melihatnya.
3. Adanya melihat bulat cahaya di sekeliling sumber cahaya.
4. Tidak terlalu terang melihat di malam hari.
5. Warna ketika dilihat pudar dan tidak terang atau cerah.
6. Kadang terlihat objek ganda.
7. Lensa kacamata yang digunakan selalu bertambah ukurannya.

Sesudah saya membaca ilistrasi dari sumber ini memang orang renta hampir tiruana sebut tanda-tanda yang sama dan pastinya penyakit katarak ini akan mempersembahkan efek kepada orang renta untuk melaksanakan aktifitas keseharian terutama untuk melihat atau membaca menjadi terhambat.

PROSES ADMINISTRASI SEBELUM MELAKUKAN OPERASI KATARAK.
Sesudah investigasi mata terakhir saya harus mengurus beberapa dokumen yang segera dilengkapi sehabis mendapat surat keterangan dari Dokter Spesialis Mata Padang Eye Center. melalui atau bersama ini surat ini saya harus mengikuti alur dari BPJS yang sudah berhubungan dengan Rumah Sakit ini untuk melaksanakan operasi katarak pada mata. Pengurusan tidak sesusah yang saya bayangkan, saya mengunjungi Puskesmas yang ditunjuk sesuai dengan alamat KTP orang renta dan petugas disana mempersembahkan rekomendasi untuk melaksanakan operasi di selembar kertas yang sudah di tanda tangani oleh dokter di Puskesmas tersebut dengan menawarkan kartu BPJS orisinil serta KTP asli.

Sesudah surat keterangan atau referensi ini sebagai dasar untuk Rumah Sakit Padang Eye Center untuk melaksanakan tindakan operasi katarak pada mata, dan saya dan orang renta kembali lagi untuk melapor ke petugas bahwa orang renta saya sudah siap melaksanakan operasi sehabis waktu kunjungan diberikutnya yang sudah diputuskan oleh Dokter Spesialis Mata.

Jadwal untuk operasi ini sudah dijadwalkan oleh Dokter Spesialis Mata pada ketika terakhir pemeriksaan. Dan ketika agenda yang sudah diputuskan datang tiruana dokumen yang saya lengkapi diterima sehabis proses pendaftaran dan pendaftaran di pos yang sudah ditunjuk orang renta saya siap melaksanakan operasi.

SAAT PROSES OPERASI BERLANGSUNG.
Jadwal yang sudah diputuskan untuk operasi katarak mata ini tentu ada beberapa investigasi komplemen dan berkas yang harus dipersiapkan oleh pihak rumah sakit dengan keluarga pasien. Orang renta saya eksklusif dilakukan investigasi oleh staf rumah sakit dengan mempersembahkan data komplemen sebelum operasi berlangsung berupa kondisi mata, ketika mata sebelum operasi, dan lain sebagainya.

Sesudah tiruana berkas lengkap dan akurat maka giliran orang renta melaksanakan operasi katarak mata untuk satu mata saja terlebih lampau. Begitu lah prosesnya, kalau satu mata sudah sembuh total maka akan dilakukan tindakan kembali untuk mata diberikutnya. 

Saat memasuki ruang operasi tiruana pakaian orang renta harus diganti dengan pakaian khusus rumah sakit yang sudah dipersiapkan dan keluarga pasien harus menunggu diluar di daerah yang sudah disediakan. Waktu proses operasi ini +/- 30 menit saja tidak ada menginap di rumah sakit dan eksklusif diperbolehkan pulang. melalui atau bersama ini obat komplemen dan mata dalam keadaan di perban ini orang renta sudah merasa tenang, tetapi obat tetes dan penggantian perban setiap satu hari sekali yang didiberikan ini harus didiberikan selama 1 ahad penuh untuk dilakukan kontrol kembali ke dokter. Untuk obat tetes sudah ada agenda dan setiap empat jam dan enam jam untuk dua jenis obat tetes mata.

Sesudah waktu satu ahad silam dan obat tetes sudah habis kami kembali lagi melaksanakan kontrol ke dokter untuk melaksanakan treatment pasca operasi dan hasilnya baik. Kemudian kembali lagi satu ahad diberikutnya sehabis obat tetes habis tiruana jadinya investigasi terakhir membaik dan perban mata dilepas total. Dokter beropini akan kembali lagi sekitar 3 ahad lagi untuk melaksanakan pengecekan kembali organ mata yang sudah di operasi, dan akan melaksanakan operasi untuk organ mata diberikutnya sehabis mata sudah sembuh total. Jika tiruananya berjalanan dengan baik dan dilakukan investigasi lanjutan untuk operasi katarak mata diberikutnya dapat dilakukan operasi yang sama.

Sesudah tiruana operasi mata katarak sudah selesai dan obat tetes yang didiberikan sudah didiberikan habis tepat maka Dokter Spesialis Mata di Padang Eye Center akan mempersembahkan resep beling mata yang harus didiberikan untuk mempertinggi penglihatan menjadi lebih baik di ketika kontrol paling terakhir yang harus dilaksanakan oleh pasien. Dan yang menjadi senang buat kami yakni ternyata BPJS juga mempersembahkan beling mata gratis secara cuma-cuma senilai IDR300.000 yang akan didiberikan oleh petugas di rumah sakit ini syaratnya: saya harus melapor kembali ke petugas ketika melaksanakan proses manajemen pertama kali dan menandakan bahwa keluarga pasien ingin mendapat beling mata cuma-cuma gratis ini. Petugas tersebut mempersembahkan berkas yang menyatakan bahwa pasien mendapat beling mata gratis ini dan menuju ke optical yang sudah ditunjuk sudah melaksanakan kerjasama dengan BPJS. Dokumen ini lah yang akan dibawa ke optical yang ditunjuk oleh BPJS dan pasien harus menyerahkannya untuk mendapat beling mata gratis ini. 

DOKUMEN PENTING.
Semua keluarga pasien harus mengikuti tiruana mekanisme yang berlaku, dan persiapan dokumen resmi menyerupai KTP, Kartu BPJS, dan Surat Keterangan Rujukan Puskesman harus lengkap. melalui atau bersama ini lengkap dokumen tiruana proses ini akan terasa gampang, dan operasi katarak dapat dilakukan segera oleh rumah sakit menyerupai yang saya lakukan ini dengan simpel pula. 

Semoga sharing pengalaman ini dapat bermanfaa bagi anda yang ingin membawa orang renta melaksanakan operasi katarak mata yang tentu menjadi sebuah solusi terbaik buat mereka biar penglihatan ia tetap baik sehingga seluruh aktifitas yang ia lakukan lebih sangat senang tanpa ada kendala lagi.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.