Rekomendasi Masakan Khas Lombok Utara Dan Lombok Timur Incaran Traveler Saatnya Anda Coba Kini Juga

Destinasi wisata yang tidak jauh dari Pulau Bali yakni Lombok. Surga liburan yang sangat fenomenal ini menjadi tempat terbaik untuk mencoba makanan-khas-Lombok yang tersebar di Utara hingga Timur. Kegemaran wisata masakan yang sudah membius para traveler seluruh dunia ini bisa mengakibatkan Lombok sebagai surganya kuliner yang tidak sanggup ditawar lagi untuk dicoba sebab rasanya yang sangat enak, gurih, dan enak ini bisa membuat anda ketagihan bahkan akan kangen untuk mencicipinya kembali. Kuliner khas Lombok ini hampir bisa ditemukan di setiap sudut kota wisata penting di kota hingga pedesaan yang menjadi surganya tempat berkumpul wisatawan yang melabuhkan liburannya di NTB {Nusa Tenggara Barar} Lombok. Plesirankotatua ingin sharing kuliner khas Lombok Utara dan Lombok Timur menjadi kuloner khas yang harus anda coba kini juga dikala berada di tempat ini dengan pesona alam yang tak akan pernah tergantikan. Berikut penjelasannya,

1. Ayam Taliwang.
Poto oleh: goodindonesianfood.com

Menu yang sangat kesukaan di pengecap dimana penerapan daging ayam yang dijadikan materi dasar bisa menggeser sajian pilihan lain yang ada di restoran penting di Lombok. Makanan khas ini sebetulnya berasal dari wilayah Lombok yang berjulukan Taliwang tepatnya di Sumbawa Barat NTB. melalui atau bersama ini olahan yang sangat unik dan tidak sama ini bisa menjadi pilihan banyak traveler yang menghabiskan waktu liburan di sini.

Daging ayam yang digunakan untuk jenis masakan ayam Taliwang ini yakni daging ayam kampung muda yang sangat berkarakter tinggi dimana dikala digigit masih terasa empuk dan legit dikunyah. Hampir sama dengan membuat ayam bakar pada umumnya tetapi yang niscaya bumbu lengkap yang digunakan harus lengkap khas Lombok dikala proses marinasi cukup hingga proses pemanggangan harus membutuhkan waktu yang cukup pula. 

2. Plecing Kangkung.
Poto oleh: apwtour.com

Olahan kuliner khas Lombok ini harus masuk dalam wisata masakan dikala menikmati hidangan makan siang atau makan malam anda. Bahan dasar kangkung yang menjadi materi utama masakan tentu harus berasal dari Lombok pula, dengan tekstur yang sangat tidak sama dengan sayur kangkung lainnya yang ada di tempat lain menjadi khas untuk diolah yang enak dikala dipadukan dengan sajian penting lainnya. 

Sangat sederhana sekali bahkan menyerupai masakan rumahan biasa tetapi rasanya sangat enak menggugah selera. Rasa pedas dari cabai, garam, terasi, hingga tomat ditumpuk di atas sayur kangkung yang sudah dimasak ini bisa membuat pengecap anda bergetar terpesona dengan rasa yang bisa menggoyang kaki anda dikala menikmatinya dengan nasi hangat. Pedas pas dan paduan terasi yang sangat gurih menyatu di sambal membuat pasangan harmonis untuk kangkung yang enak ditambah dengan kriuk kacang tanah sebagai toping embel-embel yang kres nyes endes.

Ada sedikit tidak sama kalau anda berada di Lombok Utara ada namanya Plecing Kangkung opak-opak tetapi bedanya plecing kangkung disajkan dengan parutan kelapa dengan tekstur yang sangat lembut dan embel-embel sambal pedas diatasnya. Dilengkapi dengan opak-opak sejenis kerupuk yang terbuat dari ubi batang yang sangat gurih dan lezat. Proses penyajiannya plecing kankung diletakan di posisi tengah opak dan sambal pedas. Kriuk garing dikala dikunyah. 

3. Sate Bulayak.
Poto oleh: diberitagar.id

Jenis sate yang khas di Lombok Timur ini sangat familiar sekali di telingga traveler. Sate yang berbahan dasar daging yam atau daging sapi juga terselip jeroannya. Mirip dengan sate Madura, menjadi tidak sama yakni terletak pada lontong yang dililit dengan daun enau atau aren menyerupai spiral. Saat penyajian lontong ini harus mengikuti alur lilitan daun tersebut sehingga terlihat unik dilihat dikala penjual mengupasnya. 

Bumbu satenya berasal dari kacang tanah yang sudah disangrai kemudian di tumbuk dan ditambah santan kental dengan rempah bumbu penting khas Lombok menyerupai cabai, bawang, ketumbar, jintan, dan bumbu diam-diam lainnya. Saat disajikan sate, lontong, dan kuah kacang yang enak ini siap menjadi seporsi Sate Bulayak yang khas ini siap disantap dengan lahapnya dengan gurih setiap gigitan dan daging empuk digigit nyes dan mengenyangkan.

4. Sate Tanjung.
Poto oleh: pesonalomboksumbawa.info

Anda penggemar sate ada juga jenis sate khas Lombok Utara yang sangat gurih dan terasa pedas. Jenis daging yang digunakan yakni daging kambing atau daging ayam. Awal kisah sejarah atau kisah dari penduduk lokal sate ini tersaji di program penting keagamaan dan perkawinan saja tetapi sebab aneka macam pecinta masakan mencari sate ini maka kini sudah banyak penjual yang mengakibatkan sate ini di sentra wisata penting di Lombok. 



Sate ini banyak ditemukan di sepanjang jalan kota Tanjung dimulai pada waktu siang hingga sore hari. Penyajian sate ini tidak memakai saus apapun, sebelum daging dililit dan direndam di bumbu rempah yang pedas menjadi masakan yang membuat wisatawan menggila dibuatnya. Rasanya sangat gurih dan enak bisa melengkapi wisata masakan anda di Lombok NTB.

5. Sayur Ares.
Poto oleh: cookpad.com

Makanan khas Lombok Utara ini terbuat dari pelepah pisang atau gedebong pisang yang akan dimasak bersama santan dan bumbu rempah lainnya. Mirip dengan Sate Tanjung, sajian Sayur Ares ini spesialuntuk dikonsumsu oleh suku orisinil Lombok yaitu Suku Sasak spesialuntuk di program janji nikah saja. Tetapi berjalannya waktu sudah banyak tersaji di restoran penting di kota wisata Lombok dan nikmati kelezatan dan keunikannya dikala tersaji di meja makan bersama nasi hangat. 

6. Nasi Balap Puyung.
Poto oleh: pesonalomboksumbawa.info

Kuliner khas Lombok Lainnya yakni hidangan Nasi Balap Puyung yang membuat ketagihan kalau anda sudah mencoba sekali. Sensasi bumbu pedas yang sangat dihemari ini rasanya ingin nambah terus, isian yang sangat bergizi dengan ayam suir yang sudah dipadukan dengan sambel, taburan rebon keing, kacang kedele, dan belut ini bisa tersaji seporsi yang sangat melegenda dan juara. Anda niscaya akan ngiler dan negeces melihat masakan ini dan pastikan harus dicoba dikala berada di Lombok nanti.

7. Sate Rembiga.
Poto oleh: lombokinfoterbaru.com

Sapi yang sangat berlimpah di Lombok tersaji kuliner yang banyak memakai daging ini sebagai masakan penting yang sangat enak dengan olahan bumbu khas Lombok. Rata-rata sapi yang dipelihara di Lombok NTB banyak dilepas bebas memdiberi efek rasa tekstur daging sangat lembut bahkan dikala tersaji menjadi sajian begitu gurih dan legit. Begitu juga dengan di masakan Sate Rembiga rasanya yang sangat tidak sama dan unik ada rasa anggun gurih serta pedas. Sangat terkenal sekali di Lombok NTB dan harus masuk dalam destinasi wisata masakan anda disana.

8. Ayam Rarang.
Poto oleh: limakaki.com

Olahan masakan yang khas di Lombok Timur ini tidakboleh hingga terlewatkan. Menu Ayam Rarang menjadi pilihan dan hampir menyerupai dengan Ayam Taliwang. Bahan dasar hampir sama termasuk bumbu, tetapi yang membedakan yakni komposisi dosis bumbu yang digunakan berdampak pada rasa yang dihasilkan nanti. Jika di komparasi Ayam Taliwang rasanya sangat pedas sedangan Ayam Rarang tidak pedas. Beda level pedas yang membedakan serta komposisi bumbu nya.

9. Bebalung.
Poto oleh: goodindonesianfood.com

Kuliner yang khas ini berasal daru tulang iga sapi yang dibumbui dengan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit sebagai bumbu rempah yang harus di pakai untuk membuat Babalung. Bumbu lengkap yang digunakan inilah yang tercipta sebuah masakan khas Lombok yang membuat traveler menggila dan ingin terus menikmati dikala berada di pulau yang eksotis ini. Saat disajikan taburan bawang goreng yang sangat berlimpah ruah ini membuat rasa bertambah gurih dan harus. Coba hadir ke Depeot Kelebet tepatnya di belakan kantor Gubernur NTB yang sangat banyak direkomendasikan untuk dinikmati. Sepintas menyerupai tengkleng Solo yang tentu sudah terbayang betapa lezatnya Babalung ini.

10. Poteng Jaje Tujak Dan Iwel.
Sangat jarang bahkan khusus tersaji di hari Raya Idul Fitri. Sangat familiar tetapi cukup susah ditemukan di hari biasa, kalau anda menemukan jenis masakan ini di hari biasa harus coba sebab rasanya sangat enak gurih. Poteng yakni tape ketan sedangkan jaje tujak yakni tetel. Mungkin sebagian traveler menyebutnya gemblong. Termasuk kuliner khas Lombok yang cukup langka tetapi masukan dalam wisata masakan anda dikala berkunjung ke pulau eksotis ini.

11. Beberuk Terong.
Poto oleh: cookpad.com

Olahan sayuran yang menyerupai salad di luar negeri ini tentu sangat digemari oleh seluruh traveler. Ya sebagian orang menyebutnya gado-gado yang bisa disandingkan dengan Ayam Taliwang, Ayam Rarangan sebagai meu utamanya. Sayuran yang dipotong kecil dengan bumbu khusus ini dengan jenis yang banyak digunakan yakni terong, tomay, kacang panjang, dan lainnya. Bumbu rempah yang sudah dibalurkan seluruh sayuran segar tadi ditaburi perasan air jeruk nipis yang tentu membuat rasa menjadi menyegarkan, ada manis, asam, dan pedas.

12. Sate Pusut.
Poto oleh: resepmasakanmakanankuespecial.blogspot.com

Mirip dengan sate lilit Bali ini juga menjadi masakan penting di Lombok Timur. Bahan dasar daging sapi yang dicincang ini ditambah dengan parutan kelapa dan bumbu rempah komplit kemudian dililit bacokan sate pada bilang bambu yang sudah dibentuk. Yang menjadi tidak sama yakni bumbu rempah yang sangat lengkap ini bisa menjadi hidangan Sate Pusut yang melegenda dan fenomenal bagi seluruh wisatawan.

Formula Kuliner Masakan-Khas-Lombok:
Makanan-khas-Lombok-Utara: Sate Tanjung, Plecing Kankung Opak-Opak, Sayur Ares, Ayam Taliwang.
Makanan-khas-Lombok-Timur: Sate Pusut, Sate Bulayak, Beberuk Terong, Ayam Rarang.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.