Panduan Naik Pesawat Udara Keluar Negeri Untuk Pertama Kali

Khusus anda yang pertama kali naik pesawat udara tujuan ke luar negeri tentu menjadi sesuatu yang amazing sekali, hati ini rasanya berdebar-debar hingga tidak sanggup pulas dan sedikit keringat dingin. Tapi anda tidakboleh khawatir artikel ini mencakupkan panduan lengkap bagaimana anda harus melaksanakan perjalanan ini menjadi menarik dan unik dan sanggup diikuti dengan praktis alasannya ada beberapa poin yang harus diikuti. Sesudah anda paking seluruh barang bawaan dengan dokumen penting sudah dibawa anda siap melaksanakan perjalanan ini dimana penerbangan yang sudah dipersiapkan yaitu pilihan apakah budget airline LCC atau full service. Pastikan seluruh data yang anda masukan untuk membeli tiket pesawat harus sesuai dengan paspor, alasannya dokumen dan seluruh dokumen perjalanan anda harus sesuai dengan identitas ini. Jangan pernah tertukar apalagi anda pergi secara rombongan. Untuk mempersembahkan klarifikasi yang lebih akurat kami mencoba menerangkannya satu-satu per satu semoga tidak ada yang terlewatkan dan sanggup menjadi aliran bagi anda yang ingin melaksanakan perjalanan nanti di demam isu cuti yang akan hadir.

BUAT PASPOR BERSERTA VISA.
#1. PASPOR.
Semua perjalanan ke luar negeri anda harus membuat paspor sebagai dokumen resmi yang harus dipersiapkan sebagai identitas resmi di dunia internasional. Paspor dibentuk di Imigrasi di lokasi anda berdomsili dan harus dilengkapi dengan dokumen tambahan dan harus valid dan sesuai dengan identitas daru yang membuat paspor. Proses pembuatannya sanggup dimulai dari registrasi secara online atau hadir eksklusif ke Imigrasi untuk mengikuti proses yang harus diikuti. Harus hadir eksklusif dihentikan diwakilkan alasannya identitas ini dicatat seluruh informasi dari pemohon dan disahkan oleh pejabat Imigrasi setempat.

Khusus anda yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlakunya melebihi waktu 6 bulan atau minimal 12 bulan sewaktu anda melaksanakan perjalanan. Ada beberapa negara yang mensyaratkan masa berlaku paspor minimal 12 bulan seperi USA dan India, pastikan dan lihat masa berlakunya di bab paling depan. Jangan hingga salah, kalau anda kelupaan akan menghipnotis kenyamanan perjalanan nanti.



#2. VISA.
Sesudah paspor sudah ditangan teliti negara mana yang akan menjadi destinasi liburan. Apakah negara tersebut bebas visa atau harus memakai visa. Untuk negara ASEAN anda tidak perlu memakai visa cukup paspor saja dan paspor tersebut akan di cap di pintu Imigrasi masing-masing negara. Pastikan anda harus updated informasi negara mana saja yang menerapkan sistim visa dan non visa sebelum anda memutuskan negara yang akan menjadi destinasi traveling liburan nanti. Visa ini dibentuk di perwakilan embassy negara yang anda tuju yang membuka hubungan diplomatik mereka dengan Pemerintah Indonesia.

PERSIAPAN KEBERANGKATAN.
Sesudah paspor dan visa {jika diperlukan} saatnya persiapan keberangkatan sudah anda mulai. Perlengkapan yang akan dibawa sudah tertata rapi dengan jumlah pakaian, uang, tiket pesawat, hotel, hingga itinerary perjalanan sudah dipersiapkan lengkap tiruana. Pisahkan barang bawaan dan perlengkapan dengan dokumen perjalanan untuk mempersembahkan kegampangan mencari dan dibutuhkan dikala dibutuhkan. Jangan lupa, dikala anda akan bepergian siapkan ball point atau pena untuk menulis dikala masuk ke negara tujuan dengan mengisi kartu atau kertas atau formulir kemigrasian yang diserahkan oleh pramugari dikala akan landing di negara tujuan. Pastikan anda mengisi dengan jelas, akurat, dan jujur pada kertas imigrasi ini. 

TIPS: sebelum anda berangkat pastikan sudah mempersiapkan uang yang sudah di tukar di Indonesia. Sesuai dengan negara tujuan, pastikan sudah menukarkan jumlah yang cukup dengan nominal kecil hingga besar. Karena sangat dibutuhkan dikala anda transaksi untuk membeli tiket transportasi umum di negara tujuan nanti tentu butuh cuilan nominal kecil.

Semua sudah siap dan ready maka anda akan melaksanakan perjalanan dari rumah, ada yang memakai busa Damri, taksi online, atau diantar oleh keluarga hingga ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten. Pastikan anda harus kalkulasikan waktu selama perjalanan nanti dan sebaiknya anda sudah hingga di bandara minimal 2-3 jam sebelum keberangkatan. Alasannya untuk mengantisipasi kemacetan atau beberapa kendala yang sanggup saja terjadi dikala di perjalanan nanti. Kaprikornus tidak tergesa-gesa hingga cemas sanggup dihindari dan lainnya.

Saat sehabis hingga di bandara tentu anda akan melaksanakan proses check in kembali di konter airline yang akan anda pilih dengan melihatkan tiket dan identitas yang berlakuk menyerupai paspor atau KTP. Proses ini akan memakan waktu +/- 5-10 menit tergantung dari antrian pada dikala itu. Sebelum anda memasuki pintu keberangkatan pastikan anda juga memasuki scanning barang yang pertama dengan memasukan seluruh barang kedalam container yang sudah disediakan: barang yang harus dibuka ialah jam tangan, ikat pinggang, hand phone, jaket, dan seluruh barang bawaan anda masuk kedalam mesin pengecekan barang. Kemudian menuju ke konter airline tunjukan tiruana dokumen perjalanan ini kepada petugas airline yang bertugas dikala itu dan kalau anda ada bagase makan sanggup dimasukan ke kabin bawan dengan minimal +/- 20 kg untuk airline full service gratis, khusus untuk airline buget LCC anda harus membeli terlebih lampau sewaktu pembelian tiket secara online dan lebih murah. Apabila anda membeli eksklusif pada dikala itu harganya sangat mahal sekali. Kaprikornus pastikan poin ini harus anda ketahui semoga uang yang anda bawa tetap cukup sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan. Jika anda membawa barang ke kabin atas pesawat untuk dikala kini ini spesialuntuk diperbolehkan berat +/- 7 kg sebagai tas tenteng atau ransel. 

MEMASUKI PEMERIKSAAN IMIGRASI INDONESIA.
Sesudah tiruana beres dan anda sudah mendapat boarding pass dari konter check in barang tadi dan sudah dicek tiruana dokumen dan tiket penerbangan sudah sesuai maka saatnya anda menuju ke pintu investigasi dokumen paspor di Imigrasi Indonesia. Untuk dikala kini ini anda harus mengisi kertas atau kartu atau formulir imigrasi yang sudah tersedia di sudut ruangan pintu masuk antrian. Anda harus mengisi dengan lengkap dan akurat sesuai dengan data dan paspor yang dimiliki. Tulis dengan karakter balok dan jelas, harus jujur tidakboleh ada kebohongan dikala memberikan informasi ini. Isian ini sesuaikan dengan informasi yang diminta oleh Imigrasi Indonesia. Jika anda berbohong akan terdeteksi oleh petugas dan anda akan diperiksa sangat intensif sehingga akan menghambat kenyamanan perjalanan anda nanti. 

Sesudah anda isi lengkap dan tepat saatnya masuk ke jalur antrian bersama turis lainnya dikala proses investigasi di pintu imigrasi Indonesia. Anda harus antri dan sesuai jalur, alasannya kebiasaan antri sangat diutamakan. Semua dokumen resmi perjalanan anda dipersiapkan dimulai dari boarding pass, paspor, hingga kertas imigrasi yang sudah anda isi lengkap nanti. Saat investigasi nanti ada kalanya petugas bertanya dan anda harus tanggapan sejujurnya, kalau lancar paspor anda akan di scan di mesin imigrasi dan di stempel. Kemudian kertas imigrasi ini akan didiberi potongan untuk anda dan harus disimpan, alasannya potongan ini akan dikembalikan lagi kepada petugas dikala anda kembali lagi ke Indonesia dikala pengecekan paspor di pintu pengecekan dokumen paspor.

credit: travelandleisure.com

MENUJU KE RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN.
Sesudah investigasi Imigrasi Indonesia selesai dan anda menuju ke ruang tunggu keberangkatan pesawat yang sudah tertera di boarding pass anda. Segera menuju ke ruang tunggu dan membawa seluruh barang yang anda bawa dikala sehabis check ini di konter airline tadi. Sebelum anda memasuki ruang tunggu akan ada investigasi sekali lagi untuk barang-barang yang akan masuk kedalam pesawat. Pastikan anda harus mentaati peraturan yang sudah dibentuk oleh otoritas bandara dan keselamatan penerbangan. Semua barang senjata tajam, barang praktis meledak, hingga cairan tidak diperkenankan naik walaupun itu air minum sekalipun. Kaprikornus tiruana barang ini harus masuk ke scan barang terakhir sebelum anda memasuki ruangan tunggu pesawat.

SAAT DI RUANG TUNGGU.
Sesudah selesai tiruana dan investigasi anda sudah masuk ke ruang tunggu pesawat sesuai dengan boarding pass. Anda harus bersabar menunggu dan dengarkan instruksi dari petugas yang ada di ruang tunggu tersebut. Jika pesawat anda sudah siap diberangkan dengan kode penerbangannya maka anda siap menuju ke jalur untuk masuk kedalam pesawat yang akan anda naiki nanti. Siapkan boarding pass dan paspor anda sebelum memasuki pesawat yang akan dilakukan pengecekan oleh petugas airline.

SAAT BERADA DALAM PESAWAT.
Saat memasuki pesawat anda harus duduk di nomer dingklik yang sudah tertulis di boarding pass. Jangan hingga salah duduk, dan sehabis hingga di dingklik yang anda tuju letakan tiruana barang bawaan anda di daerah penyimpanan barang diatas daerah duduk. Pastikan tas anda sudah terkunci aman, dan tiruana alat komunikasi harus segera dimatikan sebelum pesawat akan take off nanti. Selama anda berada di dalam pesawat udara anda akan terbang menuju ke negara tujuan untuk traveling nanti. Sebelum landing +/- 1 jam sebelumnya pramugari akan membagikan kartu imigrasi negara tujuan dan harus anda isi lengkap. Hampir sama dengan karu imigrasi Indonesia, dan harus sudah selesai sebelum anda keluar dari pesawat di negara tujuan nanti. Semua kolom harus meliputi informasi yang jujur dan tidakboleh hingga anda berbohong. Karena akan menyulitkan anda nantinya dikala investigasi imigrasi.

TIPS: kolom yang paling utama diisi di kertas imigrasi ialah nama lengkap, tanggal lahir, kebangsaan, nomer penerbangan, nomor paspor, dimana anda akan tinggal, alamatnya, dan kalau perlu ada nomer telepon. Untuk lainnya sanggup anda isi sesuai dengan peluang anda menhadiri negara tujuan nanti.

SETELAH SAMPAI NEGARA TUJUAN.
Sesudah pesawat anda berhenti tepat dan tiruana barang bawaan dibawa serta, maka anda harus turun di pintu yang sudah ditunjuk dan harus turun segera. Sampai di gedung kehadiran anda harus mengikuti petunjuk yang sudah terlihat terang masuk ke investigasi dokumen keimigrasian negara tujuan. Anda harus persiapkan seluruhnya dimulai dari paspor, kertas imigrasi negara tujuan, kemudahan dan sebagainya. Semua aktifitas traveling anda harus sudah stand by kalau dikala investigasi nanti ada peluang ditanya oleh petugas disana andadapat eksklusif memperlihatkan. Pastikan anda harus masuk ke dalam jalur antrian tertib untuk menunggu giliran dikala diperiksa oleh petugas nanti. 

Baca selengkapnya:

Saat anda diperiksa tetap santai dan tidakboleh gugup pastikan anda seorang turis yang memiliki attitude baik dan jujur, dikala pertanyaan terlontarkan oleh petugas imigrasi negara tujuan anda jawan dengan cepat akurat jujur dan tidak dibentuk buat. Sesudah tiruananya lancar paspor anda siap di cap dan anda sudah resmi masuk diizinkan masuk ke negara tujuan. Sesudah tiruana beres di imigrasi saatnya anda menuju ke pengambilan barang dikala barang anda dimasukan ke bagase pesawat.

TRANSIT ATAU TRANSFER.
Untuk klarifikasi yang sudah diuraikan diatas anda melaksanakan perjalanan direct eksklusif ke negara tujuan. Bagaimana dengan transit atau transfer? Berikut penjelasannya:

Di dalam penerbangan untuk traveling menyerupai ini ada saatnya turis melaksanakan perjalanan dengan sistem transit atau transfer. Kedua istilah ini memiliki perbedaan dan tidakboleh hingga salah arti. Sesudah pesawat udara yang anda tumpangi sudah landing di negara tujuan maka pesawat tersebut sedang dalam transit. Waktu yang dibutuhkan oleh pesawat udara ini tergantung dari kebutuhan apakah satu jam, dua jam, hingga beberapa jam ke depan. Khusus anda sebagai penumpang tentu ada yang transit di bandara tujuan untuk memakai pesawat yang sama menuju ke negara tujuan akhir. Sedangkan transfer anda harus mengganti pesawat baik dari airline yang sama atau tidak sama. Proses menyerupai ini aneka macam dilakukan di dikala turis menyerupai anda melaksanakan perjalanan liburan yang mengharuskan melaksanakan denah ini hingga ke negara tujuan akhir.

#a. ANDA TRANSIT TIDAK PINDAH PESAWAT.
Jika anda berada di denah menyerupai ini spesialuntuk transit sementara di negara tertentu untuk melanjutkan penerbangan kembali. Anda sanggup tetap tinggal di dalam pesawat atau turun dan eksklusif masuk ke ruang tunggu, ikuti istruksi dari cabin crew dan penumpang tidak perlu lagi investigasi paspor di imigrasi dan eksklusif masuk ke ruang tunggu saja. Jika ada situasi menyerupai ini anda sanggup menentukan tetap di dalam pesawat atau turun menunggu di ruang tunggu.

#b. TRANSFER MASIH SATU NAMA AIRLINE YANG SAMA.
Tranfer yang masih dalam satu airline memiliki laba dikala anda membeli tiket dengan kode booking yang sama. Tidak perlu was was lagi untuk memikirkan bagasi yang anda masukan ke konter check in pertama, dan tiruana tiruana sudah di handle oleh airline yang besangkutan. Airline yang anda pilih ini tentu saja akan mengantarkan hingga ke tujuan negara final diberikut dengan barang bawaannya. Jika anda berada pada denah ini maka harus mengikuti tahap diberikut:

Sesudah turun dari pesawat tentu saja anda akan dipandu oleh cabin crew anda harus melapor ke transfer desk untuk mendapat kode lebih akurat. Menurut pengalaman penumpang tidak perlu lagi cek paspor lagi bahkan bea cukai sama sekali dan memasuki lajur khusus ailine bagu penumpang tranfer. Tidak dibutuhkan lagi boarding pass tambahan alasannya sudah ada didiberikan oleh petugas airline dikala anda melapor di check in pertama, dan petugas akan mempersilahkan anda untuk menunggu di ruang tunggu tanpa harus mengikuti investigasi kembali.

#c. TRANSFER BEDA AIRLINE.
Skema menyerupai ini juga ada rekan traveler mengalaminya, transfer menyerupai ini sanggup dilakukan dikala membeli tiket pesawat secara online ada dalam satu nomer booking atau tidak sama. Setiap perbedaan tentu ada perbedaan masing-masing dan kelebihan belum sempurnanya masing-masingnya. Apabila beli satu booking tiket maka anda tidak perlu lagi pusing untuk check in kembali, melaksanakan pengecekan ke imigrasi, dan tidak perlu lagi boarding pass. 

Jika anda transit membutuhkan waktu yang cukup usang maka dari airline mempersilahkan kepada penumpang untuk keluar bandara dan tak perlu lagi urus imigrasi. Pilihan lain kalau anda melaksanakan pembelian secara terpisah airlinenya tentu jauh lebih banyak dan sanggup menentukan sendiri airline terbaik. Tentu saja anda sudah melaksanakan riset untuk duduk masalah harga dan berapa usang waktu transit pesawat.

Transit ini memang tidak sama-beda dimulai dari 5 jam hingga 24 jam tergantung dari anda untuk mendapat tiket perjalanannya. Jika terjadi keterlambatan makan turis akan menganggung sendiri akibatnya, tiket hangus dan tidak diganti dan anda harus membeli tiket yang gres untuk penerbangan lanjutan.

Yang menjadi perhatian penting ialah anda harus mengurus tiruananya dari pertama, perpindahan barang bawaan, pengecekan imigrasi kembali, dan pastinya untuk check in ulang akan dilakukan juga. Traveler yang memanfaatkan transit beda airline ini untuk singgah sebentar ke negara transit melihat suasana kota dan lainnya. Tetapi harus diperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan, barang yang dibawa harus dititipkan terlebih lampau di bandara di loker sewaan, hingga perpindahan terminal sanggup saja terjadi dikala keberangkatan estafet diberikutnya. 

Jika barang bawaan anda spesialuntuk tas ransel saja tentu jauh lebih praktis tetapi rekan yang banyak membawa barang butuh waktu yang cukup usang untuk menggotong atau mendorongnya akan menjadi duduk masalah tersendiri. Jadi, hal yang harus dipertimbangkan ialah apabila ingin memiliki aktifitas berlebih di dikala transfer beda airline dan memanfaatkan banyak  aktifitas harus perhatikan tiruana komponen perjalanan menyerupai ini semoga tidak ribet dan membuat anda stress.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.