Makanan Tradisional Khas Ciamis Bisa Menciptakan Pengecap Bergoyang Yummy Gurih Niscaya Akan Nagih Lagi Dan Lagi

Salah satu kawasan yang menjadi destinasi wisata yang cukup dikenal di Ciamis Jawa Barat tersimpan makanan-khas-tradisional yang membuat pengecap traveler menggila dan bergoyang manja dengan rasa gurih yummy niscaya akan membuat anda minta lagi dan lagi. Olahan masakan ini memang sangat fenomenal sekali bahkan selalu dicari oleh wisatawan lokal dan seluruh dunia setelah singgah niscaya akan memburu makanan-khas-Ciamis ini untuk disantap bahkan akan dibawa sebagai oleh-oleh penting untuk keluarga bahkan kerabat. Jangan hingga terlupakan setelah anda menhadiri kota Ciamis yang benar-benar ciamik ini ada masakan bahkan sebutan masakan penting tradisional yang harus masuk dalam daftar incaran yang akan memanjakan pengecap hingga sisa terakhir. Berikut penjelasannya.

1. Galendo.
Poto oleh: gotravelly.com

Makanan khas yang terbuat dari sari kelapa murni ini kemudian dilakukan proses pengendapan dalam waktu tertentu. Sekarang ini sudah tercipta guaka rasa yang digemari oleh para wisatawan adalah rasa apel. lemon, susu, cokelat, strodiberi, dan lainnya. Kaprikornus sempatkan cicip dan bawa masakan khas ini sebagai oleh-oleh-Ciamis yang sangat digemari gurih dan legit.

2. Cocorot.
Poto oleh: deskgram.org

Olahan tradisional sekali mungkin didaerah lain di Indonesia ada spesialuntuk beda nama saja. Sangat enak sekali dan diolah pribadi dari tangan masyarakat lokal dengan materi sederharna tercipta makanan-khas yang sangat digemari dari masa ke masa. Terbuat dari tepung beras, gula aren, garam, dan embel-embel lainnya kemudia dibungkus dengan daun kelapa muda yang mirip terompet mini kemudia dikukus.

3. Saroja.
Poto oleh: tasik-membara.blogspot.com

Termasuk ceminal dan tergolong jenis oleh-oleh-khas-Ciamis ini bisa dijadikan camilan di waktu senggang yang tekstur kres garing membuat pengecap anda akan begoyang tidak bisa berhenti mengunyah. Jika di kota lain disebut dengan kembang goyang tetapi di Ciamis disebut Saroja.

4. Kecimpring.
Poto oleh: solusi-resep.blogspot.com

Cobalah masakan tradisional ini berjulukan Kecimpring yang terbuat dari singkong yang diolah dengan bahan-bahan lain khas Indonesia. Untuk duduk perkara rasa tidakboleh diragukan lagi niscaya anda akan nagih lagi dan lagi.


5. Teng-Teng.
Poto oleh: bukalapak.com

Termasuk jenis masakan khas Ciamis yang terbuat dari beras tentu diolah dengan materi lain yang lengkap sehingga tercipta seporsi teng-teng yang elok dan legit terasa gula aren yang melekat. Bagi anda yang suka camilan rasa elok dan bisa di jadikan oleh-oleh jenis masakan teng-teng ini cocok sebagai hantaran ke kerabat dan kawan.

6. Gurandil.
Poto oleh: resepmasakanqu.site

Ada yang menyebut jajanan pasar tetapi juga termasuk  masakan tradisional yang sudah ada semenjak doloe dan digemari tidak spesialuntuk penduduk lokal tetapi para perantau dan wisatawan. Terbuat dari tepung tapioka ini dengan warna yang majemuk ini rasanya elok dan ketika disajikan dibaluri dengan parutan kelapa yang sangat gurih. 

7. Gulampo.
Poto oleh: pictasite.com

Rasa elok dan legit terbuat dari materi yang sangat sederhana sekali sepertu gula dan tape yang dikenal dengan peuyeum. Ada sedikit lengket tetapi inilah khasnya masakan Ciamis yang berjulukan Gulampo. Citra rasa yang unik ini bisa anda jadikan oleh-oleh-khas-Ciamis yang ngangenin bagi pecinta tape.

8. Sagon.
Poto oleh: bisikan.com

Jenis camilan ini sangat fenomenal di hari Raya Idul Fitri, tidak spesialuntuk di hari raya saja kini ini sudah banyak ditemukan Sagon sebagai oleh-oleh yanh sangat digemari karean rasanya elok gurih alasannya ada adonan kelapa parut dan gula. Kres renyah ketika digigit bisa membuat pengecap tak mau berhenti hingga satu bungkus Sagon sudah habis dengan cepatnya.

9. Awug.
Poto oleh: tasikasik.com

Makanan yang sangat terkenal sekali bahkan sangat digemari di Ciamis yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini bisa membius camilan orisinil begitu fenomenal. Ada parutan kelapa ketika disajikan ini sangat bersahabat dengan pengecap penduduk lokal. melalui atau bersama ini majunya pariwisata makanan-khas-Ciamis ini sudah menjadi oleh-oleh-khas pula yang bisa anda bawa sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga.

10. Dodol Wajit.
Poto oleh: tokopedia.com

Bahan yang cukup komplit untuk membuat dodol wajit ini sudah banyak dipilih dan menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan oleh-oleh-khas-Ciamis. Makanan khas yang sudah ada dari generasi ke generasi ini terbuat dari tepung ketan, kacang merah, kacang hijau, labu, dan lainnya tetap bertahan walau serbuan masakan gila sudah masuk dengan jenis yang sangat banyak. Bawa sebagai oleh oleh untuk dijadikan oleh-oleh kepada kerabat sudah menjadi pilihan terbaik ketika anda sudah mengunjungi kota Ciamis.

Semoga goresan pena ini bermanfaa dan bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang mengunjungi kota Ciamis dan harus mencoba makanan-khas dan bisa dijadikan oleh-oleh-khas ketika berangkat pulang. Harganya sangat terjangkau dan sesuai dengan budget liburan keluarga sehingga wisata masakan yang seharusnya anda lakukan sudah masuk dalam rencana yang akan dilakukan. Selamat mencoba. 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.