INVESTASI TERBAIK 2022…

 


Hai apa satu produk investasi yang wajib Semua orang punya dan sambil gw search Warren Buffet pernah ngomong produk ini lu taru $10.000 bisa berubah jadi 51 juta dollar itu 150.000.000 rupiah jadi 750 milyar rupiah. Dan hebatnya produk ini bukan kalian harus trading  setiap hari pantengin terus Rebalance porto. Sperti kalian investasi saham, Jadi bukan saham ya, benar-benar taruh duit tidur dan biar enggak basa-basi harus nunggu berapa lama videonya baru tau produknya apa produknya adalah FUND.


Mungkin ada yang tidak ngerti ada yang ngerti Fund itu kalau orang taunya Mutual fund Reksadana tapi ada juga namanya Exchange Traded Fund FTF, dua itu menurut gua konsepnya sama, sama-sama fun sama-sama uang masyarakat dikumpulin itu tempat terus produk itu yang memanagent uang masyarakat itu, jadi itu literly definisi uang kerja untuk kalian dan kalian harus harus ngapa-ngapain lagi, tapi nanti ada yang nanya emang ada produk reksadana atau produk FTF di Indonesia yang bisa bikin 150.000.000 jadi 750 miliar jawabannya adalah belum ada karena tracker di Indonesia itu enggak selama itu. Sedangkan Warren Buffed tadi itu adalah index fund S&P 500 kalian invest di tahun 1942 sampai tahun 2018 itu angka tadi, kalian cek nih kalau bisa pastinya kayak tadi angkanya.


Tapi menurut gue itu jadi opportunity kita semua pengen make money disaat kita tidur dan itu udah Proven track, track apa yang ada di luar negeri jenis produk apa yang bisa ngasih return sampai uangnya berlimpah-limpah tapi kita mundur lagi dari pada terlalu ngawang ngomong tentang produk investasi luar Indonesia gimana?.


Simpel yang ada di Indonesia belum terlalu ramai soal namanya FTF kita bakal yang satunya lagi yaitu Mutual Fund Reksadana karna basicly itu reksadana yang bisa diperjual belikan instan kayak saham. Banyak banget alasan kenapa reksadana itu wajib semua orang menurut gua punya dan itu bahkan satu produk yang gue rekomendasi untuk 90% orang nanya ke gue investment mulai dari mana, mungkin nomor satu yang penting banget.


Kenapa reksadana mayoritas orang dari kita We don't have time kita nggak punya waktu untuk setiap hari mantengin makro ekonomi, kita lihat update update-nya, newsnya, analisa saham analisa semua yang punya good kalian bisa sambil aktif investing selagi ada passive investing.Yang nggak punya ya opsinya itu opsinya kita taruh di mana, Dimana kita tidur uangnya berkembang, Itu menurut gua poin yang paling stong tentang reksadana yang, Kenapa gue bisa rekomendasiin ke 90% orang lebih mendingan Reksadana.


Karena kedua menurut gua ada dua tipe reksadana kalau Berdasarkan cara reksadana itu dimanage, yaitu actively trade setelah itu index fund mungkin itu paling simpelnya, satu ada reksadana yang uangnya tuh manajer investasinya itu tuh aktif trade memjual- belikan sama produk-produk keuangan misalnya kayak Bond, surat utang, saham, dan ini jenis-jenis reksadana yang manager investasinya berusaha ngalahin indeks.


Kalau di Indonesia itu masih ramai kenapa kalau menurut gue Indonesia itu masih ineffective market jadi karena sifat ineffective masih banyak telah celah untuk mengejar investasi bisa dapetin Alfa. Tapi kalau di luar negeri, kalau kalian lihat grafik ini sekarang jauh lebih banyak indeks fund pasif index fund dibanding aktif trader atau kayak reksadana yang berdasarkan suatu indeks simple deh kalau Indonesia misalnya kita lihat IHSG indeks utamanya. Itu tuh jelas banget berdasarkan historical kita tuh diindeks yang paling fast-growing dibanding negara-negara sebelah coba bandingin sama Jepang sama Singapore. Analoginya kalau kita taruh di reksadana Index kita tuh kayak betting on Indonesia kalau kalian percaya bahwa Indonesia sebagai negara berkembang tuh masih banyak ruang untuk grow it’s no brainer invest di index fund nih kayak kasus dulu.


Amerika pas lagi berkembang maju akhirnya mereka dapat cuan gede banget Tapi katanya nggak Ver untuk bilang satu produk bagus daripada orang lain untuk Reksadana tapi yang kita Grace satu investasi yang wajib Semua orang punya adalah FUND.


Indonesia Capital market bakal grog depannya sama beberapa tahun kedepan dan inget investasi Indeks ini yang bikin terkenal adalah gue invest buat nanti lumuran 50 Pas udah mau pensiun so in the long-term If you believe Indonesia dan negara berkembang yang punya banyak site is no brainer investing di index fund.


Yang tadi Buffet bilang biasanya ngelewatin 14 perubahan presiden World Warsdan lain-lain, tapi tetep aja returnnya bisa fantastis itu, gua takut gitu kalau kalian ngerasa gua terlalu bullish soal produk ini in reality that’s the fact kita butuh menormalisasikan dan menyarankan orang untuk taruh duit didiemin aja bukan yang sekedar oh biar cepet kaya dengan inget investasi itu kaya pasti bukan kayak cepat.


Investasi No 1 buat semua orang adalah Reksadana, Nah setelah gue  reflag dari dulu selalu jawab Reksadana easy passive investing untuk mayoritas orang itu enggak lebih the most berstyle atau bahasa Indonesianya yang paling fleksibel dimana kalian bisa taruh duit kalian dan sangat aman di Indonesia secara regulasi dan teman-teman kalau secara produknya sebenarnya jangan makan rekomendasi gua mentah-mentah tapi sesuai sama profil resiko kalian kalau yang sifatnya dana pensiun atau berjangka panjang free ekspor yang sifatnya reserse saham campurkan kau indeks yang sebenarnya ada fluktuatifnya kalau bahan ada tahun-tahun yang bakal minus ada tahun-tahun yang bakal plusnya posisi gede itu kalau jangka panjang gue sangat percaya itu tuh bakal positif apalagi indeks Indonesia yang kedua kalau mau lebih Short Term jangka pendek atau menengah Yaudah reksadana pasar uang dan pendapatan tetap. Jika ada yang ingin di tanyakan lansung ke kolom komentar…


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.