Apa Itu Dividen Saham? Penjelasan Lengkap Mengenai Dividen Saham

Apa Itu Dividen Saham? Penjelasan Lengkap Mengenai Dividen Saham - Kebebasan finansial sangatlah diidamkan banyak orang. Dengan berinvestasi kamu sudah melakukan suatu cara yang sangat tepat untuk mencapai hal tersebut.

 

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, alangkah baiknya kamu mengetahui dividen terlebih dahulu. Dalam dunia investasi, dividen merupakan suatu istilah yang sangat umum dibicarakan, hal ini menjadi pertimbangan para investor. Bagaimana tidak, semakin besar dividen perusahaan maka keuntungan investor akan semakin maksimal.

 

Apa keuntungan saya jika berinvestasi dalam saham yang membayar dividen? Berinvestasi dalam saham yang membayar dividen adalah salah satu cara yang tepat untuk membangun finansial jangka panjang.

 

Dari beberapa poin di atas kamu seharusnya sudah menyadari pentingnya memahami dividen. Dengan membaca artikel ini, kamu berada di tempat yang tepat. Tanpa berlama-lama lagi. Yuk, simak penjelasan berikut!


Apa Itu Dividen Saham?

Seberapa sering kamu mendengar nama dividen? Jika kamu baru memulai investasi saham maka akan terdengar sangat asing. Namun, dengan kamu mengikuti pembahasan ini maka kamu akan mengerti apa yang dimaksud dengan dividen saham.

 

Ada banyak sekali jenis dividen seperti dividen tunai, dividen saham dan lainnya.

Pengertian dividen saham adalah  suatu pembayaran yang dibayarkan atau diberikan kepada pemegang saham. Namun, dividen saham itu sendiri biasanya dibayarkan dengan saham bukan dengan uang tunai.

 

Sebaliknya, jika dividen saham berarti suatu pembayaran yang dibayarkan atau diberikan dalam bentuk saham, berbeda dengan dividen tunai. Penerima dividen tunai akan menerima pembayaran dalam bentuk tunai.


Seberapa Penting Posisi Dividen Dalam Laporan Keuangan?

Sebelum kamu berinvestasi penting bagi kamu mengetahui peranan penting dividen dalam laporan keuangan yang kamu miliki. Dividen sangatlah penting karena dividen itu pembagian hasil antara ritel dengan perusahaan dari keuntungan perusahaan tiap tahunnya. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat kita simpulkan posisi dividen sangatlah penting.

 

Untuk dividen pada saham biasa umumnya laporan tidak akan masuk pada laporan laba rugi. Namun, pada saham preferen laporan tersebut akan muncul pada laporan laba rugi yang nantinya sebagai pengurangan batas pemasukan untuk melaporkan pendapatan yang tersedia. Perlu kamu ketahui bahwa dividen saham tidak akan berdampak pada posisi kas perusahaan. Namun, hanya akan berdampak pada bagian ekuitas dari pemegang saham.


Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Apa yang muncul di benak kamu ketika kamu mendengar nama capital gain dan dividen? Apakah kamu sudah mengetahui perbedaan antara keduanya? Perlu diketahui bahwa capital gain dan dividen merupakan bagian penting bagi para investor.

 

Mengapa demikian? Karena dua hal tersebut dapat menguntukan untuk kita sebagai para investor. Namun, perlu diketahui terdapat kerugian baik pada capital gain maupun pada dividen.

 

Pengertian dividen itu sendiri adalah keuntungan yang didapatkan atau return dari pembukuan tahun tiap perusahaan yang diinvestasikan. Pengertian capital gain yaitu keuntungan yang didapat ketika investor melakukan trade/ jual beli pada saham terkait.

 

Kerugian mendasar yang sering dialami investor pemula yaitu dengan tidak memahami nya tentang investasi, kurangnya ilmu mengenai analisis perusahaan terkait yang nantinya akan mendatangkan kerugian.


Pembagian Dividen Saham

Dividen merupakan pembagian pendapatan laba dari sebuah perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya. Pembagian tersebut biasanya dilakukan pada akhir periode laporan keuangan. Tetapi, biasanya setiap perusahaan akan memberitahu kapan waktu pembagian dividen tersebut.


Cara Menghitung Dividen

Seberapa besar dividen yang kamu dapatkan? Untuk mengetahui caranya kami mempunyai beberapa cara yang umum digunakan oleh banyak orang, berikut rumusnya.

 

DPS = D - SD/S.

D = DPS X S

D = 0.75 X 1.000

= 750

 

D adalah Jumlah uang yang dibayarkan pada dividen biasa.

SD adalah Jumlah yang dibayarkan pada dividen khusus.

S adalah Jumlah Saham Perusahaan yang dimiliki oleh investor.

 

Dengan menggunakan rumus tersebut kamu akan semakin mudah mengetahui seberapa besar dividen saham atau tunai yang akan kamu dapat dari perusahaan yang kamu invest.


Pajak Dividen

Setelah kamu mengetahui cara menghitung dividen, kamu  juga perlu mengetahui bahwa terdapat pajak. Berdasarkan UU pajak penghasilan no.36 tahun 2008 yang sudah berubah dengan UU cipta kerja no.11 tahun 2020 pasal 4 ayat 1 menyatakan bahwa dividen dengan nama dan dalam bentuk apapun, termasuk dividen dari perusahaan asuransi kepada pemegang polis merupakan objek pajak penghasilan.

Dividen yang diterima oleh pribadi merupakan objek pajak penghasilan yang bersifat final dengan tarif 10 persen. Nantinya pajak ini akan dipotong oleh pemberi pemberi penghasilan atau perusahaan.


Jadwal Dividen

Dividen BBRI 2022

Cum dividen saham BBRI di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 10 Maret   2022

Dividen pasar reguler dan pasar negosiasi pada 11 Maret 2022

Dividen pasar tunai pada 15 Maret 2022

Daftar pemegang saham DPS yang berhak atas dividen tunai pada 14 Maret 2022

Tanggal pembayaran dividen saham BBRI 1 April 2022


Dividen GGRM 2022

Cum Dividen pasar tunai 12 Juli 2022

Dividen pasar reguler dan pasar negosiasi pada 8 Juli 2022

Dividen pasar tunai pada 30 Juni 2022

Daftar pemegang saham atau DPS pada 8 Juli 2022

Pembayaran dividen saham GGRM pada 28 Juli 2022


Dividen PTBA 2022

Cum dividen saham PTBA pasar reguler dan negosiasi pada 13 Juni 022

Dividen Saham PTB di pasar Reguler dan negosiasi pada 6 Juni 2022

Cum dividen PTBA di pasar tunai pada 7 Juni 2022

Dividen saham PTBA di pasar tunai pada 8 Juni 2022

Pembayaran dividen tunai saham pada 24 Juni 2022

 

Dividen BBCA 2022

Cum dividen saham BBCA di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 25 Mei 2022

Cum dividen di pasar tunai pada 29 Maret 2022

Dividen saham BBCA di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 28 Maret 2022

Dividen di pasar tunai pada 30 Maret 2022

Pembayaran dividen tunai pada 19 April 2022


Dividen PGAS 2022

Cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 7 Juni 2022

Tanggal pembayaran dividen pada 29 Juni 2022

 

Sumber :

id.wikihow.com

modalrakyat.id

simulasikredit.id

investasi.kontan.co.id


Akhir Kata

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu dividen saham, sampai jadwal pembagian dividen saham di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuka wawasan, serta memberikan solusi untuk para pembaca. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau opini yang kurang pas di benak Anda. Kami menerima semua saran dan kritik yang membangun agar lebih baik kedepannya. Untuk itu dipersilahkan tinggalkan saran atau kritik di kolom komentar.







Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.