Apa itu Kadar Gula Darah

Daftar Isi: (toc)

kadar glukosa darah


Banyak orang tidak memahami perbedaan antara hiperglikemia dan hipoglikemia. Hyper berarti tinggi dan hypo berarti rendah. Oleh karena itu, hiperglikemia terlalu tinggi gula darah dan hipoglikemia terlalu rendah gula darah.


Kadar gula darah kita dapat berfluktuasi dengan perilaku, kesehatan, pikiran, dan bahkan lingkungan kita. Tubuh yang sehat melepaskan hormon sebagai respons terhadap perubahan kadar gula darah, memanfaatkan kadar gula darah secara efektif dan menjaga keseimbangan gula darah yang sehat.


Untuk berbagai alasan, beberapa sistem individu tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi dan melepaskan hormon yang benar, atau meresponsnya secara efektif. Kurangnya kemampuan ini menyebabkan baik hiperglikemia atau hipoglikemia.

apa-itu-kadar-gula-darah

Image by nneem from Pixabay

Hiperglikemia


Hiperglikemia menunjukkan bahwa tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau resisten terhadap insulin. Ada banyak kemungkinan penyebab hiperglikemia, termasuk stres dan kurang olahraga. Hiperglikemia juga dapat terjadi jika Anda memiliki diabetes tipe 1 dan lupa minum salah satu obat diabetes Anda.


Namun, penyebab paling umum adalah mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat yang bisa ditangani tubuh. Ketika situasi ini menjadi kronis atau konstan, pradiabetes atau diabetes tipe 2 dapat berkembang.


Ketika ini terjadi, atau lebih, tubuh menjadi semakin tidak mampu mengendalikan kadar gula darah. Ini memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan pribadi.


Anda mungkin juga mengalami hiperglikemia sebagai salah satu efek samping dari obat-obatan saat ini. Untuk alasan ini, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum minum obat lain. Hal ini dapat memperburuk gejala.


Jika Anda melihat kelelahan atau haus yang tidak normal, ketidaknyamanan perut, peningkatan frekuensi buang air kecil, atau penglihatan kabur, gula darah Anda mungkin berada di atas tingkat yang aman.

Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan menjelaskan gejala Anda. Anda dapat melakukan tes sederhana dan membuat perubahan yang diperlukan untuk diet Anda, pola olahraga, dan obat diabetes sesuai kebutuhan.


Hipoglikemia


Jika gula darah Anda di bawah 70 mg/dl, Anda dianggap hipoglikemik dan gula darah Anda terlalu rendah. Dalam kasus ekstrim, hipoglikemia dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang sangat serius, cepat dan dalam jangka panjang. Jika gula darah Anda turun terlalu cepat, Anda mungkin mengalami kram atau kehilangan kesadaran dan mungkin perlu segera menemui dokter.


Penyebab hipoglikemia termasuk melewatkan atau menunda makan, kekurangan makanan kaya karbohidrat, olahraga berkepanjangan, dan minum banyak. Obat-obatan untuk masalah kesehatan lainnya juga dapat memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.


Episode hipoglikemik biasanya merupakan hasil dari kombinasi situasi daripada faktor tunggal.


Orang dengan diabetes tipe 1 berisiko mengalami hipoglikemia jika dosis insulin mereka melebihi kebutuhan langsung mereka. Hal ini dapat terjadi ketika puasa yang tidak direncanakan dan latihan fisik mengikuti pengobatan, mengakibatkan penurunan kadar glukosa darah yang tersedia.


Gejala hipoglikemia adalah kecemasan, lekas marah, kelelahan, mati rasa di sekitar mulut, bicara tidak jelas, tremor, kelemahan, dan kelaparan. Anda mungkin juga mengalami keringat berlebih dan sakit kepala.


Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, atau terutama kombinasinya, ambil langkah-langkah untuk meningkatkan kadar gula darah Anda dan mintalah seseorang memantau reaksi Anda. Segera cari pertolongan medis jika gejalanya memburuk. Jika episode tersebut terulang kembali, adalah bijaksana untuk meminta seorang profesional medis untuk mengevaluasinya.


Pertahankan kadar gula darah yang seimbang


Jika Anda memiliki alasan untuk khawatir, pemantauan gula darah secara teratur dapat membantu Anda menentukan pola pilihan gaya hidup sehat Anda. Penguji murah tersedia di apotek atau online. Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk merespon insulin.


Makan makanan yang sehat pada waktu yang tepat dan teratur dapat sangat membantu menjaga keseimbangan glikemik yang tepat. Jika obat yang Anda minum mempengaruhi tingkat Anda, dapatkan perhatian dokter.


Tubuh Anda dirancang untuk mengatur kadar gula darah Anda. Tindakan yang Anda ambil akan membantu atau menghalangi tubuh Anda dalam mencapai hal ini. Dosis, umumnya insulin, sangat penting bagi penderita diabetes tipe 1.


Bagi orang lain, obat-obatan dapat membantu, tetapi faktor utamanya adalah pola makan dan perilaku gaya hidup Anda. Jika Anda secara aktif berkomitmen untuk menjaga kadar gula darah yang sehat, Anda mungkin dapat mengontrol hiperglikemia atau hipoglikemia tanpa menggunakan obat-obatan. 

Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close