8 Tips Bisnis Kuliner Agar Produk Laku di Kalangan Millennial

Daftar Isi: (toc)


Apakah Anda berencana untuk membuka bisnis kuliner? Kalau iya maka strategi bisnis kuliner harus dirancang dengan cermat oleh wirausahawan. 

Buat rencana yang dapat menawarkan bisnis kuliner menuju keberhasilan yang sukses di masyarakat dan membawa banyak keuntungan pada suatu waktu. Tidak perlu khawatir jika ilmu bisnis tidak memiliki aktor bisnis, karena kali ini Anda akan menemukan beberapa saran bisnis kuliner yang dapat Anda rekam.

Produk-produk bisnis kuliner sendiri dianggap paling tertarik pada kaum muda. Apalagi jika bisnis kuliner yang ada dapat memberikan keunikan, memang benar bahwa bisnis kuliner akan dijual dengan baik di kalangan anak muda. Namun, apakah itu 'unik' cukup untuk membawa banyak pembeli setiap hari?

Tips Bisnis Kuliner Supaya Laku Di Kalangan Anak Muda 

Ya, unik saja tidak cukup untuk membuat usaha kuliner yang dikenal tentang publik dan diminati oleh banyak orang. Ada sejumlah saran dan trik yang dapat dicapai sehingga bisnis kuliner dapat menjual di antara kaum muda.

1. Menjual Sajian Makanan Yang Jarang Ada

Memulai bisnis kuliner tentu perlu persiapan yang sangat matang. Langkah awal bisa dimulai dengan melakukan riset dan survei makanan apa yang unik dan jarang ada.

Contohnya saja, beberapa waktu lalu dunia bisnis kuliner cukup digemparkan dengan makanan telur gulung. Bisa dikatakan pilihan makanan ini unik karena telur gulung sendiri sudah sulit ditemui dan merupakan makanan khas anak TK dan anak SD. Setelah populer, makanan ini banyak dipilih orang untuk dijadikan produk bisnis kuliner.

Dari contoh tersebut bisa disimpulkan bahwa kekreatifan pada bisnis kuliner bisa mengantar kesuksesan bisnis itu sendiri. Bisa juga dipilih olahan atau makanan lain yang cukup jarang ditemui supaya menjadi daya tarik tersendiri.

2. Memilih Konsep Kuliner Yang Menarik

Namanya anak muda, pasti menimbang faktor konsep rumah makan atau cafe untuk dijadikan pilihan makan atau sekadar nongkrong.

Bisa dipilih konsep bisnis kuliner yang sedang trend saat ini. Adapun tempat bisnis kuliner yang saat ini sedang trend adalah container. Bisa dipesan dengan mudah container khusus untuk bisnis kuliner, baik itu berupa booth container saja atau berbentuk rumah makan yang tentunya akan terasa sangat trendy dan millenial.

Adakah hal lain yang bisa direalisasikan pada tips bisnis kuliner kali ini? Tentu ada, pebisnis kuliner bisa memilih konsep cafe atau rumah makan dengan konsep indie, vintage, sporty, atau konsep lain yang unik dan jarang ditemui.

3. Kisaran Harga

Harga menjadi hal yang krusial bagi para anak muda. Oleh karena itu, jika pebisnis kuliner ingin bisnisnya laku di kalangan anak muda jangan lupa jika mereka sangat mempertimbangkan harga.

Anak muda biasa memilih kuliner yang harganya terjangkau namun tetap memberikan mereka sajian yang sempurna. Dalam hal ini, pebisnis bisa berinovasi untuk memilih bahan makanan yang terjangkau saja lalu bermain dalam olahan resepnya supaya makanan atau minuman yang disajikan tetap enak.

4. Pilih Tempat Strategis Sebagai Strategi Bisnis Kuliner Jitu

Cara bisnis kuliner yang sangat berpengaruh juga adalah dalam memilih lokasi berbisnis. Jika kali ini bisnis kuliner yang dijalankan targetnya adalah anak muda maka lokasi yang dipilih harus selektif.

Pebisnis kuliner bisa buka di sekitar sekolah atau kampus, di dekat tongkrongan anak muda, mall, atau tempat lain yang sekiranya sering dikunjungi anak muda.

5. Pilih Nama Dan Logo Yang Unik

Buktinya nama dan logo berpengaruh terhadap sukses tidaknya bisnis kuliner, meskipun tidak terlalu signifikan efeknya. Dengan memberi nama dan logo yang unik, anak muda akan mudah dalam mengingatnya dan akan memilih bisnis kuliner tersebut saat mencari makan.

Usahakan untuk tidak membuat nama yang sulit dieja atau terkesan mewah, karena bisa saja hal ini menjauhkan bisnis kuliner dari anak kuda karena mereka akan berpikir bisnis kuliner tersebut premium dan tak terjangkau harganya.

Hindari kendala tersebut dengan memberi nama yang mudah-mudah saja serta tidak terkesan mewah atau elegan.

6. Jual Di Aplikasi Pesan Antar

Aplikasi pesan antar jadi pilihan anak muda untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Di era pandemi seperti ini, jasa pesan antar justru jadi primadona karena dianggap bisa mengurangi persebaran virus. Selain itu, aplikasi juga memberikan banyak promo bagi pelanggan. Hal ini jadi strategi jitu membuat konsumen jadi loyal.

Akan tetapi, untuk memulai bisnis dengan skema kini, kamu perlu memastikan bahwa makanan yang akan diantar bersih dan higienies. Buat kemasan yang cantik dan juga rapat.

7. Terapkan Diskon Jadi Cara Bisnis Kuliner Terbaik

Diskon adalah tips bisnis kuliner selanjutnya. Sepertinya nyaris gak mungkin jualan-jualan besar tidak mengadakan diskon. Banyak sekali bisnis kuliner yang memrpmosikan ‘buy one get one’ di hari pembukaan. Hasilnya? Tentu saja banyak pelanggan antri mencicipi.

Di tengah situasi yang tidak memungkinkan, maka bisa banget kamu buka promo lewat aplikasi pesan-antar.

8. Promosi Secara Online

Jika pada kenyataannya, anak kaum milenial adalah tujuan dari bisnis kuliner, maka jangan lupa kekuatan jejaring sosial. Rasanya mustahil jika orang muda tidak memiliki jejaring sosial, hampir semua orang memilikinya. Cobalah untuk memaksimalkan keberadaan jejaring sosial untuk bisnis Anda.

Anda dapat membuat akun akun khusus untuk bisnis kuliner sehingga dapat lebih mudah diakses oleh kaum muda. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang menu, sehingga orang-orang muda yang berencana untuk datang dapat datang dengan kuat karena mereka tidak perlu meragukan uangnya kurang. Buat keterangan Google Maps sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menemukan bisnis kuliner Anda.

Selain itu, konten berkualitas juga dapat menjadi daya tarik khusus untuk bisnis kuliner baru. Konten tersebut bisa berupa tips yang berguna, atau juga bisa dokumentasi tempat, atau dokumentasi ketika ramai.

Demikianlah 8 tips bisnis kuliner yang dapat dilakukan untuk bisnis kuliner jika menarget kaum muda.

Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.