7 Hal Sepele Tapi Penting di Bisnis Kuliner

Daftar Isi: (toc)


Ketika Anda ingin menjalankan bisnis, terutama jika Anda ingin keberhasilan bisnis kuliner, jangan biarkan apapun terlewatkan. Satu hal kecil yang terlihat sepele, tetapi jika dilupakan, itu bisa bahaya untuk keamanan bisnis Anda. Anda harus total dalam mempersiapkan bisnis Anda. Jika memang sudah ada, pastikan Anda segera memperbaikinya.

Berikut ini adalah hal sepele yang mungkin benar-benar diremehkan tetapi ini sangat penting. Lima hal sepele ini juga dapat membuat Anda sukses dalam menjalankan bisnis kuliner. Bagaimanapun, jangan biarkan Anda melewati bacaan ini. Mari kita lihat ulasan lengkapnya.

Kenapa Bisnis Kuliner?

# 1. Akan lebih banyak pecinta kuliner di masa mendatang. Anda dapat melihat beragam jenis makanan yang sekarang. Semakin beragam kuliner di masa depan.

Kuliner bukan hanya makanan, tetapi juga menjadi gaya hidup. Anda dapat menyajikan makanan dengan berbagai tema, mulai dari tradisional hingga modern.

# 2. Kuliner adalah kebutuhan sehari-hari untuk semua orang dari lapisan apa pun. Kebutuhan ini tidak akan pernah hilang menjadi peluang bisnis yang menggoda.

# 3. Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Benar, keberhasilan bisnis kuliner tidak selalu dimulai dari banyak modal. Banyak makanan olahan yang Anda bisa bisniskan tanpa biaya besar.

Anda dapat menggunakan alternatif untuk dijual dari rumah, misalnya, atau juga dapat menggunakan sistem konsinyasi.

Tantangan Bisnis Kuliner

Selanjutnya, kita harus memahami tantangan apa yang akan dihadapi oleh pengusaha bisnis kuliner. Anda tidak hanya melihat keuntungan, Anda juga perlu menyiapkan kemungkinan terburuk dalam melakukan bisnis.

1. Pesaing

Pesaing adalah masalah bagi Anda jika Anda tidak memiliki perencanaan yang kuat. Atau Anda juga dapat membuat pesaing sebagai tempat belajar. Lihat bagaimana kualitas makanan disajikan, cara promosi, dan harganya.

2. Tidak bisa menunggu

Anda ingin berkembang dengan cepat? Sayangnya, perusahaan tidak selalu bekerja dengan cara ini. Anda butuh sedikit waktu, atau mungkin banyak. Karena itu, sebagai pemilik usaha, Anda memerlukan komitmen yang kuat.

3. Kurang riset

Apakah Anda ingin kesuksesan di bisnis kuliner? Kurang riset bisa menjadi tantangan. Jika Anda membangun bisnis begitu saja, produk Anda mungkin tidak punya target. Atau konsep kuliner yang Anda bangun bahkan sudah usang. Nah, untuk mengatasinya hal seperti itu, riset bisnis adalah suatu keharusan.

Dari riset ini, Anda harus menjawab pertanyaan: Siapa yang benar-benar membutuhkan produk Anda?

Tantangan di atas seharusnya tidak dianggap sebagai beban, tetapi juga peringatan bahwa para pemain bisnis kuliner harus terus belajar tentang bisnis.

7 Hal Sepele Tapi Penting di Bisnis Kuliner

Benar-benar hal yang tampaknya tidak penting, benar-benar sepele, tetapi jangan biarkan diri Anda cuek tentang itu. Berikut adalah lima hal yang perlu Anda ingat.

1. Jaga kebersihan

Termasuk kebersihan lingkungan dan kebersihan panganan yang disajikan. Jangan biarkan konsumen potensial mendapatkan kesan yang kotor dan menjijikkan. 

Ini adalah mimpi buruk bagi Anda. Anda dapat menyepelekan tentang kebersihan, tetapi pada kenyataannya itu adalah poin penting yang tidak boleh terlewatkan. 

Bayangkan, jika sebaliknya, ada banyak sampah. Cobalah membayangkan banyak lalat, kecoak, bahkan tikus mengembara di toko Anda. Pembeli merasa jijik dan tidak akan kembali ke tempat Anda!

2. Kamu perlu banner

Pokoknya pada titik ini Anda harus memiliki spanduk atau apa pun itu sebagai sarana untuk memberi tahu keberadaan Anda kepada masyarakat.

Dengan begitu, setiap orang yang lewat dapat mengetahui bahwa Anda menjual sesuatu yang layak untuk dibeli. 

Buat spanduk yang bagus. Pilih kata-kata yang menarik dan tidak terlalu panjang. Gunakan font normal alias tidak alay. Pastikan tulisannya mudah dibaca!

3. Harga harus yang wajar

Anda mungkin ingin mendapatkan banyak keuntungan segera dengan harga tinggi. Jangan biarkan bencana mendatangi bisnis Anda.

Agar harga jual yang tidak terlalu mahal, pastikan untuk mendapatkan bahan baku untuk produk Grosiran sehingga harganya dapat dimiringkan.

Masalahnya adalah bahwa pembeli pasti akan membandingkan harga di satu tempat dengan yang lain. Dengan harga yang wajar disertai dengan kualitas yang sesuai dengan harga, Anda tentu dapat bersaing dengan pesaing Anda.

4. Riset sebelum memulai

Coba lakukan riset sederhana untuk menemukan selera masyarakat saat ini. Anda sekarang telah dimudahkan dengan keberadaan media sosial. 

Anda hanya perlu menggunakan media sosial yang banyak digunakan, terutama para milenial. Mengapa? Karena sekarang para milenial adalah sasaran yang mudah bagi pengusaha, terutama kegiatan kuliner. 

Kaum milenial ini kurang suka yang biasa biasa. Mereka menyukai yang unik dan instagramable yang dapat diekspos di dunia maya melalui instagram dan whatsapp. 

Oh ya, jangan lupa bahwa mereka juga suka kemasan yang keren.

5. Tanamkan bahwa pembeli adalah raja

Ketika Anda melakukan bisnis, terutama produk yang dijual, ada saat ketika tubuh dan pikiran merasa sangat lelah. 

Jangan biarkan itu membuat Anda lupa bahwa pembeli adalah raja. Jika Anda lupa, Anda bisa jutek pada pembeli. Pembeli tidak akan suka jika diberi layanan yang buruj. Jadi, pastikan untuk melayani pelanggan sebaik mungkin.

6. Pisahkan uang bisnis dan uang pribadi

Meskipun, pada akhirnya uang hasil bisnis akan menjadi milik Anda, jangan campur dengan uang pribadi. 

Jika ini terjadi, Anda akan bingung dengan arus kas. Pastikan Anda tahu berapa banyak pendapatan dan beban nyata dari bisnis yang Anda lakukan. 

Jika arus kas jelas, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai dengan kebutuhan.

7. Harus bermental tangguh

Kesulitan dan hambatan benar-benar bisa terjadi pada setiap orang. Jika Anda masih pemula, jangan harap semuanya akan baik-baik saja. 

Bersiaplah juga untuk menghadapi kemungkinan kegagalan atau mengalami kerugian di awal. Semuanya sangat alami. 

Itu tidak berarti Anda menjadi pesimis! Peringatan dan sikap pesimistis dua hal yang berbeda. Tetap waspada dan jangan mudah putus asa jika Anda ingin berhasil.

Nah di atas adalah 7 hal yang sering dianggap sepele tapi penting bagi bisnis kuliner. Anda bisa segera  eksekusi ya. Jangan lupa marketing juga harus jalan dong.


Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.