Pengertian Marketing dan Selling Serta Perbedaannya

Daftar Isi: (toc)


Selama ini banyak yang mengartikan marketing dan penjualan adalah hal yang sama. Padahal dua istilah ini berbeda jauh. 

Menurut Kotler, pengertian marketing yaitu ilmu pengetahuan dan seni menentukan target pasar dan mencari pelanggan. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan jumlahnya dengan cara menciptakan dan mengkomunikasikan nilai produk kepada pelanggan.

Sementara itu, W Stanton menjabarkan pemasaran sebagai keseluruhan sistem yang ditujukan untuk menentukan harga, merencanakan, mempromosikan, mendistribusikan barang atau jasa untuk memuaskan pembeli. 

Sementara pengertian selling (penjualan)  adalah kegiatan yang bertujuan melancarkan arus jasa dan barang dari produsen ke konsumen dengan cara yang efisien dan bertujuan menciptakan permintaan yang efektif Nitisemito (1998:13). Sementara itu, Assuari (2004:5) menjelaskan arti penjualan sebagai kegiatan yang mengarah pada pemenuhan kepuasan kebutuhan dan keinginan melalui pertukarang barang atau jasa. 

Jika ditarik kesimpulan, ada beberapa hal yang membedakan antara pengertian marketing dan selling. Lebih jelasnya akan diurai sebagai berikut:

"Selling" Berarti Membentuk Kedekatan dengan Konsumen

Sales (tim penjualan) akan menjual apa yang disediakan oleh perusahaan. Mereka membentuk kedekatan dan hubungan dengan konsumen serta partner. Tugas sales ini adalah membuat penawaran, terjun langsung dari pintu ke pintu, memenuhi tujuan hingga memastikan konsumen membeli barangnya. 

Dalam selling, fokus mereka adalah kisaran mingguan, bulanan dan perempat tahuan. Jadi mereka memantau dan fokus pada penjualan masa sekarang. 

Marketing Berarti Memahami Marketplace

Marketing akan berada sejajar dengan pola konsumen sekarang dan masa yang akan datang. Mereka bertugas memandu perusahaan apakah perlu memodifikasi produk, harga dan komunikasi sehingga target dan tujuan bisa tercapai. Bidang ini lebih mengarahkan perusahaan ke segmen atau konsumen sehingga produk bisa berkompetisi.

Tidak hanya itu, bidang marketing harus mampu memahami taktif dan tool yang dibutuhkan untuk menarik pasar. Meraka biasanya melakukan berbagai hal, seperti membangun komunikasi secara digital dan mengembangkan peranan produk terhadap konsumen. Tim marketing akan mengarahkan tim penjualan (sales) kemana mereka harus terjun dan membidik pasar. Mereka lebih melihat gambaran yang lebih besar dan memikirkan efek jangka panjangnya bila strategi dijalankan.

Marketing Sangat Mempengaruhi Penjualan

Seperti yang dijelaskan dalam pengertian marketing di atas, bahwa bidang ini menentukan target pasar. Nah, kita tahu pasar dalam bisnis apa pun jarang ada yang stabil. 

Selalu berubah. Dan inilah tugas marketing, yakni memantau perubahan dan membantu tim penjualan melihat arah perubahannya. Karena itu, marketing selalu berpikir ke arah ke depan, beda dengan tim penjualan yang targetnya lebih pendek. 

Bisakah Kita Terjun Sekaligus dalam Marketing dan Selling?

Sangat sulit untuk fokus ke dalam dua hal mengingat fokus masing-masing antara marketing dan selling berbeda jauh. Karena itu, skill yang dibutuhkan jelas berbeda. Di satu sisi, tim penjualan sangat mengerti konsumennya karena mereka bersentuhan langsung. 

Di lain pihak, tim marketing lebih melihat tren pasar secara keseluruhan dan tidak sedetail bidang penjualan dalam memahami background konsumen dalam membeli produk. 

Dalam dunia bisnis, memahami perbedaan pengertian marketing dan penjualan sangatlah krusial agar di lapangan tidak terjadi tumpang tindih tugas. Target jangka pendek sangat perlu untuk melihat penghasilan sejauh mana produk sampai ke tangan konsumen. 

Namun, menentukan arah pasar juga sangat perlu. Ibaratnya, marketing adalah penuntun jalan yang benar bagi tim penjualan sebelum terjun ke lapangan.


Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.